Minggu, 07 Oktober 2012

Prosesor dan Perangkat Periferal


Hubungan antara CPU dengan main memory ataupun dengan alat-alat input atau output dilakukan dengan suatu jalur yang di sebut dengan bus. Hubungan antara CPU dengan main memory melalui jalur bus yang dilekatkan pada memory data register, memory address register dan control unit di CPU. Sedangkan bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat input/output tidak dilekatkan langsung ke alat-alat input/output tersebut, tapi dapat melalui suatu alat port atau DMA controller atau channel.

BUS

Bus disebut juga dengan pathway merupakan suatu sirkuit yang merupakan jalur transportasi inormasi antara dua atau lebih alat-alat dalam system computer.

Bus yang menghubungkan antara CPU dengan memory disebut dengan internal bus.sedangkan bus yang menghubungkan antara CPU dengan alat-alat input/output disebut dengan eksternal bus.

Data bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi data dan instruksi.

Address bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi alamat di main memory untuk data atau instruksi yang akan di ambil atau direkamkan.

Control bus adalah bus yang digunakan untuk mengirimkan sinyal/ sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya informasi yang dikirimkan dari satu alat kea lat yang lainnya.

Didalam internal BUS Hubungan Antar CPU Dengan Main Memory memalui data bus yang dihubungkan dengan memory data regiser (MDR) address BUS yang dihubungkan dengan memory address register (MAR) dan control BUS dihubungkan dengan control unit.


INPUT/OUTPUT PORT
Alat-alat input/output tidak dilekatkan langsung dengan bus tetapi melalui suatu I/O port I/O interface. Alat-alat input/output dapat berkomunikasi dengan CPU dengan cara mengirimkan informasi yang akan dikomunikasikan lewat bus. Informasi yang dikirim dari alt input/output (peripherol device) ke main memory atau ke register di CPU diletakkan di I/O port dan dikirimkan lewat data bus.

Bila informasi dari main memory akan dikirimkan ke peripheral device melalui data bus, dan diterima di I/O port disebut juga program-controlled I/O.

Jika satu blok data yang besar (beberapa word sekaligus) dibutuhkan untuk dikirimkan dari atau peripheral device, cara lain yang harus digunakan yaitu Direct Memory Access (DMA).



DMA CONTROLLER

Untuk peripheral device yang mempunyai kecepatan tinggi, tidaklah ekonomis untuk pengiriman informasi byte per byte atau word pear word, dan akan lebih ekonomis bila pengiriman informasi dilakikan sekaligus per blok informasi.

DMA (Direct Memory Access) merupakan suatu konsep yang akan membuat komunikasi informasi antara peripheral device dengan main memory akan lebih efisien. Cara DMA ini dilakukan dengan melekatkan BUS pada DMA controller yang dihubungkan dengan peripheral device.

Cara DMA ini biasanya digunakan untuk peripheral device yang mempunyai kecepatan tinggi yang membutuhka pengiriman blok data yang besar, seperti misalnya Hard Disk Drive. 



0 komentar:

Posting Komentar