Sabtu, 08 September 2012

Perkembangan Komputer & Hardware



Awal mula perkembangan komputer dimulai pada tahun 1822 oleh Charles Babbage, seorang ahli matematika yang menciptakan sebuah mesin hitung yang bernama “Difference Engine”. 10 tahun kemudian, Beliau mengembangkan mesin temuannya tersebut yang bernama “ Analytical Engine”. Mesin ini dapat melakukan kalkulasi apa saja, sehingga sering disebut juga “General Purpose Digital Computer”. Karena temuannya ini, Beliau dianggap sebagai Bapak Komputer Modern.

Kemudian, pada tahun 1944, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari Universitas Harvard, bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan komputer secara elektronik yang diberi nama ”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC)”. Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa generasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yang mudah (user friendly).

Generasi 1

Pada tahun 1946-1956, generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.

Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
1. Ukuran fisiknya besar.
2. Kecepatan prose lambat.
3. Cepat panas.
4. Membutuhkan listrik yang besar.
5. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
6. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
7. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
8. Menggunakan konsep Stored Program.

Generasi 2

Pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.

Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Komponen telah menggunakan transistor.
2. Ukuran fisiknya lebih kecil.
3. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
4. Tidak cepat panas.
5. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
6. Memori yang digunakan lebih besar.
7. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
8. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).

Generasi 3

Pada tahun 1964-1975. Itergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut "chip" dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
2. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
3. Membutuhkan listrik lebih hemat.
4. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
5. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
6. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
7. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).

Generasi 4

Pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi ”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC)”. Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.

Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
2. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
3. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.

Sekian artikel saya mengenai perkembangan komputer.
Sumber:



0 komentar:

Posting Komentar